SBU : TAAT PADA INSTRUKSI TUHAN

Renungan pagi, 8 Juli 2020

GB 214: 1, 2 – Berdoa

Hakim-hakim 7: 1-14
“Dengan ketiga ratus orang yang menghirup itu akan Kuselamatka kamu: Aku akan menyerahkan orang Midian ke dalam tanganmu; …” (ay 7)

Obedience is an act of faith, disobedience is the result of unbelief (ketaatan adalah tindakan iman, sedangkan ketidaktaatan adalah akibat dari keraguan). Kutipan modern tersebut sungguh benar! Orang percaya akan selalu taat pada instruksi Tuhan sekalipun ia belum mengerti apa rencana dan tujuanNya. Sebalknya, orang yang tidak percaya selalu meragukan instruksi Tuhan dan memilih jalannya sendiri.
Gideon, anak Yoas, adalah pribadi yang percaya kepada Tuhan. Semula iman Gideon memang menuntut tanda-tanda ajaib dari Tuhan sebagai bukti yang meyakinkan tentang kekuasanNya. Namun iman Gideon tersebut kini membuatnya hidup dalam ketaatan yang sungguh kepada Tuhan. Gideon tahu bahwa hanya dengan menaati instruksi Tuhan, maka ia dan Israel mampu mengalahkan bangsa Amalek dan Midian.
Menurut ayat 2, Tuhan tidak menghendaki 30.000 orang Israel maju berperang. Ia tidak ingin jika mereka memegahkan diri atas kemenangan yang diraih. Karena itu, Tuhan pun melakukan seleksi. Hanya mereka yang berani (ayat 3) dan yang minum air seperti anjing menjilat (ayat 5) yang boleh maju berperang. Kini, tinggallah Gideon bersama 300 orang prajurit Israel yang terpilih untuk berperang.
Dari kisah ini kita belajar tiga hal. Pertama, Tuhan tahu siapa saja yang kita butuhkan untuk menghadapi sebuah “peperangan”. Dia sendiri menyeleksi setiap pribadi, sehingga kita memperoleh bantuan sesuai yang kita butuhkan. Kedua, kemenangan dalam sebuah “peperangan” tidak bergantung pada jumlah dan kekuatan manusia, melainkan bergantung pada iman dan ketaatan kepada Tuhan. Ketiga, kemenangan orang percaya haruslah menjadi kemuliaan bagi Tuhan yang berkenan menyertai dan menolongnya.
Sauaraku, selamat berjuang! Percayalah, tidak ada “peperangan” yang mustahil untuk dimenagkan bersama Tuhan.

GB 214: 3

Doa: Ya Allah, tolonglah aku untuk berjuang dalam iman dan ketaatan kepadaMu. Amin.