SBU : KERJASAMA BERUBAH MANIS

Renungan Malam 08 Juli 2020

GB.272 : 1,2 – Berdoa

Hakim-Hakim 7 : 15 – 25
Kemudian dikerahkanlah orang-orang Israel dari suku Naftali dan dari suku Asyer dan dari segenap suku Manasye, lalu mereka mengejar orang Midian itu. (ay.23)

Konser piano akan segera dimulai. Para penonton telah menanti-nantikan permainan piano sang maestro yang memukau. Alangkah terkejutnya mereka ketika lampu panggung dinyalakan tampak seorang anak tengah memainkan piano dengan lagu yang dikenalnya. Ia sendiri kaget dan mulai gemetar. Namun sang maestro segera duduk di sebelahnya, lalu memainkan piano bersama. Lagu yang semula biasa-biasa saja, kini menjadi luar biasa (www.jesussite.com).

Saudaraku, bukankah hal itu yang sering terjadi dalam kehidupan kita? TUHAN hadir dan menyempurnakan kerja keras kita. Tidak pernah IA merendahkan talenta dan karunia yang belum terasah. Tidak pernah pula IA mencibir kelemahan dan kegagalan kita. Sebaliknya, TUHAN mau bekerja sama dengan umat-Nya, sehingga yang lemah menjadi berdaya. Yang gentar menjadi berani. Yang tercerai-cerai menjadi sepakat.

Inilah yang dialami oleh Gideon dan 300 orang pengikutnya. Berbekal sangkakala, buyung, obor dan pedang, mereka menyerbu perkemahan bangsa Midian sesuai dengan tanda yang TUHAN berikan. Jumlah mereka memang tidak sebanding dengan lawannya. Namun TUHAN membuat bangsa Midian gentar kepada Gideon dan para pengikutnya, hingga mereka pun saling mengarahkan pedang seorang kepada yang lain (ayat 22).

Kepemimpinan Gideon yang didasarkan pada iman dan ketaatan kepada TUHAN membuatnya dipercaya oleh banyak orang. Tidak heran jika suku Asyer, Naftali, Manasye dan semua orang di pegunungan Efrain sedia menuruti perintahnya. Kerjasama di antara mereka pun berbuah manis. Bangsa Midian dan raja-raja mereka akhirnya berhasil dikalahkan.

Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita bekerjasama berdasarkan iman dan ketaatan kepada TUHAN? Atau sebaliknya, kita suka mengandalkan dan memamerkan kekuatan sendiri? Ingatlah, Kerjasama di dalam TUHAN selalu berbuah manis!

GB.272 : 3

Doa : (Ya Allah, berkatilah kerjasama kami agar senantiasa berbuahkan kebenaran, keadilan dan perdamaian.Amin)