SBU : TANDA AJAIB DARI TUHAN

Renungan Malam 07 Juli 2020

GB.70 : 1,2 – Berdoa

Hakim-Hakim 6 : 25 – 40
Dan demikianlah terjadi; sebab keesokan harinya pagi-pagi ia bangun, dipulasnya guntingan bulu itu dan diperasnya air embun dari guntingan bulu itu, secawan penuh air. (ay.38)

Dukungan adalah salah satu hal yang dapat memberi energi positif bagi seseorang. Dukungan sangat dibutuhkan terutama dalam menjalani peran dan tanggung jawab baru yang tidak mudah. Dukungan di sini tentu saja bukan sekedar kata-kata, melainkan kesediaan untuk selalu ada ketika dibutuhkan. Dukungan demikian mampu memotivasi seseorang untuk melakukan yang terbaik sebagaimana diharapkan darinya.

TUHAN memberi dukungan penuh kepada Gideon, anak Yoas yang dipilih-Nya sebagai hakim atas Israel. Dukungan itu nyata melalui dua tanda ajaib yang diberi-Nya bagi Gideon. Pertama, guntingan baru domba yang berembun di tanah yang kering. Kedua, guntingan bulu domba yang kering di tanah yang berembun. Melalui kedua tanda ajaib tersebut, TUHAN menegaskan bahwa IA berkenan melakukan perkara yang mustahil bagi orang yang dipilih-Nya. mengapa demikian? Tentu saja supaya Gideon percaya bahwa TUHAN yang memilih dirinya adalah TUHAN yang siap berkarya bersamanya.

Dengan demikian, tidak ada alasan bagi Gideon untuk ragu pada potensi diri yang dimilikinya. Terbukti, TUHAN memampukan Gideon meruntuhkan mezbah Baal dengan dukungan 10 orang hambanya. TUHAN juga meluputkan Gideon dari aksi massa yang hendak menghukum mati dirinya. Bahkan TUHAN menolong Gideon memimpin orang-orang Abiezer, suku Zebulon dan suku Naftali untuk melawan bangsa Midian dan Amalek.

Saudaraku, TUHAN memanggil setiap kita dengan tugas dan peran khusus sesuai kehendak-Nya. Meski demikian, tidak semua orang menerima tanda-tanda ajaib dari TUHAN seperti yang dimintanya. Jika itu yang terjadi, janganlah kecewa dan ragu pada-Nya. Dukungan TUHAN memang tidak selalu tampak spektakuler. Bisa jadi DIA justru memberi dukungan melalui kehadiran rekan sejawat, pasangan, dan komunitas yang saling mendukung dan menguatkan.

GB.70 : 3

Doa : (Ya Allah, berilah dukungan yang aku perlukan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan baik setiap hari.Amin)