MENGHADIRKAN DAMAI SEJAHTERA

MALAM AKHIR TAHUN. Selasa, 31 Desember 2019

Yesaya 61:1-9
“la telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik … untuk memberitakan tahun rebe TUHAN ..” (ay. 1-2)

 

Tahun 2019 sebentar lagi akan berakhir. Para pemuda mungkin sudah membuat resolusi atau merencanakan apa yang akan dilakukannya di tahun 2020. Ada yang sudah merencanakan kegiatan di malam pergantian tahun nanti. Tapi mungkin ada juga pemuda yang masih sibuk dengan tugas-tugasnya. Ada pemuda yang mungkin masih terus berusaha menyelesaikan masalahnya di penghujung tahun 2019. Bahkan mungkin ada yang ragu apakah tahun 2020 akan lebih baik baginya dibanding tahun 2019.

Menyikapi situasi semacam ini anak-anak muda perlu belajar dari pesan Yesaya kepada umat Israel. Kepada umat Israel Yesaya memberitakan kepedulian Allah kepada orang-orang yang hidupnya dalam situasi tidak menguntungkan (ay. 1). Karena situasi hidup tersebut, mereka merindukan pertolongan Allah. Kepada mereka Yesaya mengatakan bahwa tahun di mana Tuhan akan menyatakan kasih-Nya mereka segera tiba (ay. 2). Mereka diajak untuk tidak putus asa, melainkan hidup dalam pengharapan. Untuk mewujudkan ini Yesaya diajak untuk terlibat. Keterlibatan Yesaya bukan hanya untuk menjadi pemberita kabar yang menyenangkan, tetapi juga melakukan sesuatu. Yesaya tidak menjadi penghibur yang hanya ngomong. tidak ada tindakan.

Firman ini adalah ajakan agar pemuda tidak hanya memikirkan kesenangan dirinya sendiri dalam menyambut tahun yang baru. Pemuda juga diajak untuk memiliki kepedulian dengan pemuda lainnya yang mungkin sedang mengalami masalah. Pemuda harus belajar peka dengan situ sesama mereka agar bisa menghadirkan kasih Tuhan bagi pemuda yang membutuhkan. Tidak cukup hanya peka atau menghibur dengan kata-kata saja. Seperti Yesaya, pemuda diajak untuk peduli dan bertindak, tidakkan ngomong, tapi harus ada aksi juga. Dengan begitu mereka ikut menghadirkan damai sejahtera dalam kehidupan pemuda lainnya.

Doa:
“Ya Tuhan, ajarkanlah kami untuk membantu rekan-rekan kami yang sedang menghadapi masalah di akhir tahun 2019 ini. Amin.